Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Berkunjung ke Surabaya Kaji Strategi Pemerintahan Berbasis Online

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Berkunjung ke Surabaya Kaji Strategi Pemerintahan Berbasis Online

2018-04-11 10:38:09 +0700

Dinkominfo-Komitmen good governance yang transparan dan akuntabel selalu diterapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Hal tersebut yang membuat Surabaya kini menuai banyak apresiasi dan prestasi. Pemerintah Kota Surabaya dinilai telah membangun berbagai inovasi baik dalam pengelolaan kota maupun pelayanan publik.

Inovasi tersebut menjadi daya tarik pemerintah daerah lain untuk bertandang ke Surabaya dan menggali inovasi lebih dalam. Salah satunya Balai Uji Coba Sistem Pendidikan dan Pelatihan Jalan dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Badan Pengembangan SDM, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Surabaya. 

Bertempat di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Rabu (11/04) kunjungan kerja kali ini diterima oleh Ka. Sub. Bag Umum & Kepegawaian, Any Sulistyaningrum. Sebagai sambutan pembuka, Any mengucapkan selamat datang kepada rombongan di Kota Pahlawan. Beliau juga mengucapkan terimakasih karena telah percaya dan memilih Kota Surabaya sebagai jujugan kunjungan kerja kali ini.

Iwan Herdiana selaku ketua rombongan menyampaikan tujuan kunjungan ke Kota Surabaya yaitu ingin mempelajari seluk beluk program kegiatan berbasis elektronik online. Informasi yang telah digali dari kunjungan tersebut diharapkan dapat menjadi pelengkap dalam pengembangan dan pembangunan sistem e-Government sekembalinya dari kunjungan . 

Bagan Government Resource Managemen System (GRMS) menjadi topik bahasan awal pada kunjungan pagi ini. e-planning juga dijabarkan secara lugas oleh kunjungan yang juga dihadiri oleh berbagai OPD Pemkot Surabaya selaku narasumber ini, diantaranya adalah Binprog, Dinkes, BKD, Keuangan, Dispenduk, dan Bapeko. Didepan rombongan yang berjumlah tujuh orang ini Doni Prasetyanto perwakilan dari Bina Program menjelaskan e-planning, yang didalamnya mencakup  e-musrenbang, e-devplan, dan e-deployment. 

Ifrohah Staf Sub Bagian Penyusunan Rencana Kerja menyampaikan bahasan selanjutnya yakni e-musrenbang. e-musrenbang merupakan aplikasi yang dikhususkan bagi warga Surabaya untuk memberi masukan terhadap pembangunan kota Surabaya yang dalam hal ini dikoordinir oleh Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya (Bapeko).


Setelah bagian Bina Program dan Bappeko menyampaikan materi, kali ini giliran Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang membahas mengenai e-SDM. Dimana e-SDM ini terdiri dari berbagai sub bagian yakni Rekrutmen CPNS, Kenaikan Pangkat, Gaji Berkala, Pensiun, Usulan Enelitian, Mutasi, dan Attendance System (GARBIS).(hnm/ynu)

Agenda