Dinkominfo- Apresiasi tak henti-hentinya diperoleh Kota Surabaya atas inovasi yang telah diterapkan di Kota Surabaya. Hari ini (23/1), rombongan dari DPRD Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya guna mengetahui lebih dalam inovasi apa saja yang telah dilakukan di Surabaya.

Bertempat di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, rombongan diterima secara langsung oleh Cahyo Utomo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya.

Cahyo Utomo menjelaskan secara singkat profil Kota Surabaya. Menurutnya, untuk Pelayanan Publik, Pengelolaan Keuangan, surat-menyurat hingga proses perencanaan di Kota Surabaya saat ini semuanya menggunakan E-government.

Cahyo menyampaikan, aplikasi E-government yang dilaksanakan di Surabaya ini juga berguna untuk menyusun sistem anggaran pemerintah daerah. Semua perencanaan anggaran yang dilakukan di Pemerintah Kota Surabaya saat ini menggunakan aplikasi e-bugdeting, sehingga akan terlihat dari berapa besar biaya perjalanan dinas, sampai kebutuhan lainnya di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah.

Sementara itu, Muhammad Asnawi, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Rembang selaku ketua rombongannya dalam sambutannya menyampaikan pihaknya ingin mengkaji lebih dalam terkait konsep smart city yang telah diterapkan di Kota Surabaya. Asnawi menjelaskan, pihaknya baru akan memulai program smart city untuk diterapkan secara bertahap di Kabupaten Rembang.

"Oleh karena itu, di kesempatan ini saya ingin mengetahui konsep smart city secara utuh, bagaimana jangkauannya, anggaran yang dibutuhkan untuk membangun smart city, integrasinya apakah sudah menyeluruh dan tertata dengan baik" ujar Asnawi.(mia/kik)