Dinkominfo- Keberhasilan Kota Surabaya dalam membangun pengelolaan kota berbasis elektronik mendapat banyak apresiasi, salah satunya dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat dan mahasiswa Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lambung Mangkurat.

Bertempat di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, sebanyak 24 mahasiswa Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lambung Mangkurat diterima secara langsung oleh Cahyo Utomo Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya yang menjelaskan secara singkat profil Kota Surabaya.

Menurut Cahyo, saat ini Kota Surabaya telah menerapkan elektronik government di semua sektor pemerintahannya, mulai dari pelayanan publik, pariwisata, hingga penyusunan anggaran. Cahyo menjelaskan terkait proses perizinan, masyarakat Kota Surabaya dapat dengan mudah mengurus segala perizinan dengan menggunakan aplikasi Surabaya Single Window (SSW), melalui aplikasi tersebut masyarakat juga dapat memonitor sendiri sampai dimana status berkas perizinannya.

Cahyo menyampaikan, penerapan elektronik government dalam sistem pemerintahan dan pelayanan publik bertujuan untuk memberikan kemudahan dan transparansi kepada masyarakat dalam mengakses berbagai layanan pemerintahan.

sementara itu, Wawan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indramayu menyampaikan harapannya, dengan adanya kunjungan ini pihaknya dapat mengkaji lebih dalam mengenai penerapan elektronik government di Kota Surabaya sehingga nantinya dapat diterapkan di lingkungan kerjanya.