Dinkominfo - Percantik kawasan kota tua di Surabaya, Pemerintah Kota Surabaya berencana melakukan pembenahan agar wajah kota tua semakin cantik. Hal ini juga bertujuan untuk menarik minat wisatawan datang berkunjung. Nantinya, bangunan tua dan cagar budaya yang berada di wilayah Surabaya Utara ini akan dijadikan sebagai kawasan wisata.

Antiek Sugiharti, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata hari ini (28/1) melakukan Sosialisasi Pembenahan Kawasan Kota Lama Jalan Kembang Jepun dan Jalan Karet di Kantor Radar Surabaya. Dalam sambutannya ia  menyampaikan harapannya  untuk menghidupkan kembali kawasan kota tua ini dengan melakukan penataan dan pengecatan ulang. Tujuannya, lanjut Antiek, dengan dilakukannya revitalisasi pada kawasan ini, nantinya kawasan tersebut dapat menjadi destinasi wisata bagi warga Surabaya maupun warga dari luar Surabaya.

Antiek menjelaskan, sedikitnya 140 gedung di sepanjang Jalan Kembang Jepun dan Jalan Karet akan dicat ulang. Pemkot dibantu tim ahli akan menyediakan beberapa pilihan warna yang cocok dengan bangunan kolonial. Tidak hanya pengecatan, nantinya akan ada beberapa perbaikan lainnya seperti perbaikan saluran air, juga perbaikan pedestrian.

Sementara itu, Eri Cahyadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bapekko) menyampaikan harapannya, bahwa nantinya tidak hanya Pemerintah Kota Surabaya yang berupaya menghidupkan kembali wilayah ini, namun juga dorongan dari warga sekitar.

“Nantinya setelah dilakukan revitalisasi, warga bisa mengadakan acara di lokasi ini. Contohnya ketika Imlek warga dapat mengadakan Festival Barongsai, warga juga bisa berjualan makanan dan oleh-oleh. Jadi bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung” terang Eri. (mia/kik)