Dinkominfo-Pemerintah Kota Surabaya memanfaatkan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Pemanfaatan teknologi informasi tersebut menarik berbagai institusi untuk mempelajari lebih dalam. Salah satunya kunjungan dari Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Bertempat di ruang rapat Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkomnfo) kota Surabaya, Kamis (18/10), sebanyak 27 orang dari Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember diterima oleh Silvy Oktaviani, Kepala Seksi Manajemen Data dan Integrasi Sistem Dinkominfo Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut Silvy menjelaskan bagan e-Government yang dijalankan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Menurut Silvy penyusunan anggaran Organisasi Perangkat Daerah menjadi lebih cepat dengan memanfaatkan aplikasi e-Budgeting. Menurutnya, melalui aplikasi tersebut harga terstandarisasi, mendapatkan Informasi dan data rencana anggaran lebih cepat.

Sementara itu menurut Silvy, dengan memanfaatkan e-procurement dapat meningkatkan transparansi dan efisiensi pengadaan barang dan jasa Pemerintah Kota Surabaya.  Proses lelang dapat berlangsung dengan cepat dan dapat menekan tingkat korupsi.

Lebih lanjut Silvy menjelaskan tentang pemanfaatan Surabaya Single Window. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat dapat mengajukan perijinan dimana saja dan kapan saja. Masyarakat juga dapat mengambil nomor antrian dengan memanfaatkan aplikasi e-Health. (pri)