Dinkominfo - Pekan Olahraga Masyarakat Kota (Pormaskot) Surabaya 2018 resmi dibuka oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, Jumat (19/10) di Gelora 10 Nopember. Sebanyak hampir 1.000 atlit dari 31 kecamatan se-Surabaya akan berlaga dalam ajang yang berlangsung hingga 26 Oktober mendatang ini.

Walikota Risma dalam sambutannya mengucapkan selamat bertanding kepada semua atlit yang berlaga. ia juga berharap ajang tahunan ini akan menjadi wadah untuk mempererat kekeluargaan, persaudaraan dan tali silaturahmi antar warga kota Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Risma mengajak kepada warga untuk menjukkan bahwa warga Surabaya adalah warga yang ramah dan murah senyum "Mari kita tunjukkan pada daerah lain, kota-kota lain dan seluruh dunia".

Afghani Wardhana, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga dalam jumpa pers hari sebelumnya mengungkapkan akan ada sekitar 1000 atlet akan berlaga dalam kompetisi ini. Mereka berasal dari 31 kecamatan se Kota Surabaya. Ada delapan cabang olahraga (cabor) yang akan dilombakan pada event ini. Masing-masing Atletik, Bulutangkis, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Bola Voli, Sepak Bola, Catur dan Futsal dan akan memperebutkan piala bergilir Wali Kota Surabaya.

Adapun tujuan dari event tahunan ini adalah untuk memupuk dan meningkatkan rasa persatuan, persahabatan dan persaudaraan antar warga Kota Surabaya. Selain itu, event ini untuk meningkatkan minat berolahraga bagi masyarakat Kota Surabaya guna meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, kreativitas, kesegaran jasmani, disiplin, dan sportivitas untuk berprestasi.

selain itu, melalui gelaran olahraga ini pemkot juga ingin mencari bibit unggul dalam event olahraga ini. Sekaligus untuk pembibitan supaya bisa berkompetisi di event selanjutnya yang lebih tinggi. (ynu, zfr)