Perkembangan Surabaya menjadi salah satu kota yang disegani di Indonesia juga di mata internasional, memang tak lepas dari tangan dingin Wali Kota Tri Rismaharini. Namun di balik semua itu, terdapat andil besar juga oleh pasukan petugas lapangan Pemkot Surabaya atau biasa dikenal dengan istilah Cak Koen.  

Minggu pagi (16/12) bertempat di Taman Surya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menggelar acara Pesta Cak Koen 2018 sebagai bentuk apresiasi dari dedikasi para petugas lapangan kepada masyarakat yang sangat besar.  

Sebanyak ribuan petugas lapangan yang meliputi petugas kebersihan, satgas pemeliharaan jalan dan saluran air, penjaga makam, petugas Linmas, Satpol PP, pemadam kebakaran, hingga petugas Dinas Sosial di Liponsos, tumpek blek di halaman Taman Surya Surabaya.

Dan layaknya sebuah pesta meriah, petugas lapangan yang tiap hari berpeluh keringat demi menjaga kebersihan dan kenyamanan kota ini, benar-benar dimanjakan. Ada panggung hiburan, juga ada hadiah doorprize dari para donatur. Serta, mereka juga mendapatkan bantuan sembako. 

Agus Susilo asal sidotopo, satgas taman peraih doorprize sepeda motor mengatakan bahwa dirinya sangat senang sekali mendapatkan hadiah. Tidak pernah menyangka bisa dapat motor. "Semoga Surabaya bisa tambah bersih hijau dan maju," imbuhnya saat diwawancarai.

Dalam sambutannya, Wali Kota Surabaya mengungkapkan bahwa acara Cak Koen 2018 ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Kota Surabaya kepada para pejuang lapangan yang setiap hari berjuang untuk menjaga Kota Surabaya menjadi kota yang aman dan nyaman untuk ditinggali.

“Saya sangat berterimakasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi panjenengan semua kepada masyarakat Kota Surabaya karena telah menjaga dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Semoga ke depan, Kota Surabaya bisa semakin berkembang menjadi kota yang terbaik dalam segala bidang”, ujar Wali Kota yang beberapa waktu lalu mengantarkan Kota Surabaya menjadi kota favorit di Guangzhou International Award 2018 ini. 

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Bank Mandiri melalui bapak Erwan Djoko Regional Operation memberikan hibah bina lingkungan kepada pemerintah Kota Surabaya berupa 1 buah ekskavator dan 1 buah dump truck untuk digunakan sebagai operasional kebersihan Kota Surabaya.(hnm)