Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Bersiap UNBK, Dispendik Gelar Cerdas Cermat

Kamis, 24 Januari 2019 | 5 tahun yang lalu

SMP Negeri 17 Surabaya, sebagai Subrayon 17/Rayon 01, menggelar lomba cerdas cermat untuk sekolah anggota sub rayon yang akan dipilih dan maju lomba ke tingkat Kota Surabaya. Hadir dalam pembukaan acara tersebut Iman Santoso, Kepala SMP Negeri 17 Surabaya, Kepala SMP Kyai Hasyim dan SMP Tenggilis Jaya.

Bertempat di ruang multimedia, program Dispendik Kota Surabaya tersebut sebagai upaya melatih siswa berpikir kritis dan persiapan menghadapi UNBK 2018/2019. Dispendik Surabaya mengadakan kegiatan cerdas cermat bagi SMP Swasta yang tergabung dalam 52 Subrayon. Kegiatan ini merupakan wahana untuk meningkatkan minat baca, menambah wawasan, meningkatkan pengetahuan, dan menunjang mutu pendidikan. Peserta lomba adalah siswa kelas IX.

Iman Santoso, Kepala SMP Negeri 17 Surabaya, dalam pembukaan menuturkan bahwa kegiatan lomba selain bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan para peserta, juga untuk melatih berpikir cepat, meningkatkan keberanian tampil di tempat umum, melatih kepemimpinan, menumbuhkan kepercayaan diri, kerja sama, dan meningkatkan literasi, tambahnya.

“Cerdas cermat satu di antara cara melatih dan membiasakan siswa dapat berpikir cepat, dan membuat keputusan dengan cermat,” pungkas Iman, kemarin Selasa (23/01/2019).

Sementara itu, Atiko, satu di antara panitia pelaksana, menjelaskan bahwa lomba dilaksanakan dengan beberapa ketentuan yang harus diikuti peserta, di antaranya setiap sekolah anggota subrayon wajib mengirimkan empat regu mata pelajaran UNBK, setiap regu terdiri atas tiga siswa, dan ketiga siswa tersebut tidak boleh merangkap untuk mata pelajaran lain.

“Peserta lomba cerdas cermat wajib mengikuti dua babak, yaitu babak pertanyaan mengalir dan babak adu cepat. Adapun bobot pertanyaan mengalir 100 jika jawaban betul, dan nol jika salah. Sedangkan bobot adu cepat 100 apabila jawaban betul dan dikurangi 25 poin jika salah,” imbuh guru bahasa Inggris SMP Negeri 17 Surabaya.

Lomba cerdas cermat diawali dengan mata pelajaran matematika, dilanjutkan mata pelajaran IPA, Bahasa Inggris dan terakhir Bahasa Indonesia. Hingga keluar sebagai tim yang akan mewakili Subrayon 17 untuk maju lomba ke tingkat Wilayah Surabaya Timur yaitu tim SMP Kyai Hasyim dan SMP Tenggilis Jaya. Pelaksanaan lomba tingkat wilayah direncanakan pada tanggal 12-14 Februari 2019 mendatang. Setiap wilayah akan diambil dua pemenang yang akan maju lomba cerdas cermat ke tingkat Kota Surabaya. (Humas Dispendik Surabaya)

 
 

Berita Lainnya