Dinkominfo - Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi dari mana saja termasuk melalui media sosial. Derasnya arus informasi berpotensi pula adanya informasi hoax

Mengantisipasi hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur menggelar pelatihan menulis informasi bagi para Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di wilayah Jawa Timur, Kamis (7/2). 

Pelatihan yang digelar di Hotel Santika Premier tersebut menghadirkan Ahmad Munir, Direktur Pemberitaan Kantor Berita Antara dengan materi teori jurnalistik dasar dan mengenal model dan jenis berita. 

Menurut Munir, penting adanya bagi anggota KIM untuk memahami standar kaidah jurnalistik. Hal tersebut tidak lepas dari peran KIM sebagai garda terdepan dalam memberikan informasi kepada masyarakat dan penyambung lidah pemerintah. 

Selain pelatihan menulias informasi bagi KIM dalam seminar pelatihan itu, para peserta juga diberikan pembekalan terkait legalitas KIM dan sumber pendanaan. (ynu/kik)