Dinkominfo - Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) sekaligus sebagai tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman antara Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dengan Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK), penyerahan simbolis bantuan 300 Jamban oleh Direktur DKK, Rusdi Amral digelar di RW 1 Keluarahan Sumberrejo.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Supomo, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari, dan Camat Pakal Tranggono, serta didampingi lurah setempat, dan para anggota musyawarah pimpinan kecamatan Pakal. 

Tranggono dalam sambutannya meyambut baik kerjasama bantuan 300 jamban bagi warga Sumberrejo. Harapannya dengan bantuan tersebut dapat berdampak pada kebersihan lingkungan dan kesehatan warga. 

Sementara itu, Atal Depari mengungkapkan bahwa kegiatan bakti sosial ini menjadi bagian dari acara peringatan HPN. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang telah lama dilakukan. Bakti sosial lainnya berupa bantuan pemeriksaan kesehatan gratis di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, di Kabupaten Jombang, serta Bangkalan. 

Dalam kesempatan tersebut, Rusdi Amral mengatakan bahwa alasan dipilihnya Surabaya dengan dasar pertimbangan yakni dari 154 kelurahan ada yang sudah memliki jamban. Keputusan tersebut juga tidak serta merta, namun membutuhkan waktu hampir setahun. 

Rusdi menambahkan pihaknya melakukan observasi dan koordinasi dengan Dinas Sosial Kota Surabaya, hingga dipilih membangun jamban sehat di Kecamatan Pakal. Harapannya agar Surabaya dapat semakin nyaman untuk ditinggali.(ynu/kik)