Dinkominfo- Pelajari pengaturan menara telekomunikasi di Kota Surabaya, Pemerintah Kabupaten Karang Anyar Provinsi Jawa Tengah mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. Bertempat di Ruang Rapat Dinkominfo, sebanyak 12 peserta rombongan diterima secara langsung oleh Cahyo Utomo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya.

Agung Tjahyo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karang Anyar selaku kepala rombongan menyampaikan tujuan kunjungannya ke Kota Surabaya dalam rangka menimba ilmu mengenai pengaturan menara Komunikasi. Menurutnya, Kota Surabaya sudah sangat baik dalam penataannya sehingga pihaknya ingin mengetahui langkah-langkah yang harus diambil mengenai penggunaan dan penataan tower dan retribusi menara telekomunikasi. “termasuk mengenai sanksi yang akan diberikan apabila terjadi pelanggaran. Mudah-mudahan setelah dari sini kita semua mendapat pencerahan mengenai permasalahan ini” ujar Agung.

Sementara itu, Cahyo Utomo menjelaskan sesuai Peraturan Presiden 18 dan Permenkominfo 14 tahun 2016 terhitung sejak Januari 2017 lalu, kewenangan terkait pos berada pada Kementerian Komunikasi dan Informatika. Sedangkan menurut surat dari Gubernur, Kota masih memiliki wewenangan untuk mengatur bangunan menara telekomunikasi dan fungsi pengawasan bangunan konstruksi menara dilakukan dibawah kewenangan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang.

Cahyo menambahkan Kota Surabaya juga memiliki peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 48 tahun 2017 yang mengatur penataan menara telekomunikasi di Kota Surabaya. Yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu penataan menara telekomunikasi non seluler, penataan menara telekomunikasi seluler dan penempatan perangkat menara telekomunikasi.