Dinkominfo – Suasana Pasar Pabean Selasa pagi (13/2) terlihat berbeda, pasalnya saat itu terdapat proses pengambilan gambar oleh wartawan TV5 Monde dan France 2, Prancis untuk program dokumenter. Pasar tradisional ini dipilih karena memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Pasar legendaris ini memiliki kekhasan sebagai pasar rempah-rempah dan pasar ikan terbesar di Kota Pahlawan. Hal itulah yang menarik wartawan Prancis untuk mengangkatnya. Pasar yang telah berusia 170 tahun ini juga tidak lekang oleh jaman.

Country Manager France Visit Indonesia Tourism Officer, Eka Moncarre menyebutkan hasil rekaman ini akan ditayangkan dalam program film dokumenter yang bertajuk "pays et marches du monde”. Ia  mengatakan, ketertarikan mendokumentasikan Pasar Pabean karena pasar ini berada di kawasan heritage.

Kedatangan mereka ini dalam rangka kegiatan promosi wisata Indonesia yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata. Sebelum ke Surabaya, sebelumnya mereka sudah melakukan trip ke Balikpapan, Kutai Barat, Sukamade (Banyuwangi) dan Bromo.

Tiga kru TV5 Monde, yakni Xavier Petit, Fabien Da Luz dan William, sangat antusias blusukan di pasar. Mereka mengabadikan riuhnya para pedagang dan pembeli di stan bawang merah-bawang putih, serta di stan ikan kering.

Melihat wajah-wajah bule tersebut, para pedagang pun banyak yang ingin meminta untuk berswafoto. Kendala bahasa tidak menghalangi komunikasi pedagang dan wartawan asing ini, dengan ramah disela-sela megambil gambar, mereka melayani permintaan pedagang dengan ramah. (ynu/kik)