Dinkominfo- Pelajari penerapan elektronik Government (e-Gov) di Kota Surabaya, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat kunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya.

Bertempat di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika, sebanyak 12 peserta rombongan diterima secara langsung oleh Cahyo Utomo, Sekretaris Dinkominfo Kota Surabaya. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Muhammad Ikhsan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Kota Surabaya yang bersedia menerima dan berbagi ilmu kepada rombongan dari Pemkab Sumbawa.

Ikhsan menyampaikan harapannya setelah berkunjung ke Kota Surabaya, pihaknya dapat mengetahui lebih dalam mengenai penerapan e-Government untuk proses pelayanan publik di Kota Surabaya, nantinya Ikhsan berharap ilmu yang didapat dari kunjungannya ini dapat diterapkan di Pemkab Sumbawa.

Sementara itu, Dalam paparannya, Cahyo Utomo menyampaikan e-Government diatur dalam Perwali 5 tahun 2013 Pedoman Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Menurut Cahyo, e-Government yang diterapkan di Kota Surabaya di bagi menjadi 2 yaitu e-Government Eksternal yaitu mengenai pelayanan masyarakat, penampung keluhan, dll. Dan e-Government Internal mengenai proses pengelolaan operasi daerah.

Cahyo mencontohkan untuk penerapan e-Government Internal salah satunya yaitu dengan e-Planning. Dalam perencanaannya, e-planning terdiri dari 3 sistem. Yang pertama adalah e-musrembang yaitu proses usulan pembangunan kota yang dapat di akses oleh setiap RW di Kota Surabaya yang dapat mengusulkan pembangunan di daerahnya. Setelah usulan dari e-musrembang usulan nantinya akan masuk ke OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait untuk dimasukan ke e-Budgeting sehingga dapat segera dilakukan rencana penganggaran, setelah dari e-Budgeting akan diteruskan ke e-project, dimana usulan tersebut akan dilaksanakan.