Dinkominfo- Pagi ini, Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya menggelar acara sosialisasi pembinaan konservasi energi pada gedung pemerintahan dan puskesmas di Kota Surabaya, Rabu (20/02). Bertempat di Gedung Sawunggaling Kantor Pemerintahan Kota Surabaya, acara dihadiri 103 undangan yang berasal dari instansi perangkat daerah serta puskesmas di Kota Surabaya.

Eko Agus Supiadi Sapoetro, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya dalam sambutannya menyampaikan kegiatan konservasi energi ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan penggunaan energi fosil pada lingkup gedung pemerintahan dan puskesmas di Kota Surabaya. “Dengan menghemat penggunaan energi, kita bisa menghemat biaya sekaligus menjadikan lingkungan lebih baik” ujar Eko.

Eko menjelaskan, setelah dilakukan sosialisasi ini. Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya akan menggelar Lomba Hemat Energi untuk kantor-kantor pemerintahan dan puskesmas di Kota Surabaya. Menurutnya, kegiatan pelaksanaannya akan dilaksanakan mulai Maret-Desember 2019.

Untuk kriteria penilaian lomba Eko menjelaskan, penilaian akan dibagi menjadi 3 bagian. Komponen Kebijakan yaitu adanya edaran dari Kepala Instansi mengenai konservasi energi, Kompnen Hasil yaitu terkait perubahan perilaku pegawai terkait upaya penghematan energi, dan Komponen Aktivitas contonya mencabut saklar setelah selesai digunakan, menetapkan suhu AC minimal 25 Derajat Celcius.

“Harapanya dengan kegiatan ini para pegawai di kantor pemerintahan jadi lebih sadar dan tau langkah-langkah untuk menghemat energi, sehingga nantinya dapat menjadi contoh dan memberi motivasi warga Kota Surabaya untuk menghemat penggunaan energi” tegas Eko.