Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Kunjungan Dinkominfo Kota Malang Kaji Pengembangan KIM Surabaya

Kamis, 4 April 2019 | 5 tahun yang lalu

Dinkominfo-Inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam membangun kota dan pelayanan masyarakat menjadi magnet bagi instansi pemerintah untuk datang dan belajar tentang resep keberhasilan tersebut. Kali ini rombongan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang datang berkunjung, Kamis (4/4).

Rombongan yang terdiri dari staff Dinkominfo Kota Malang dan perwakilan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) diterima oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Sri Puri Surjandari di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Surabaya 

Febrian Retnosari, Kepala Seksi Pengelolaan dan Kemitraan Komunikasi Publik mengungkapkan bahwa kunjungan kali ini dalam rangka mengkaji pengelolaan KIM yang telah dilakukan oleh Pemkot Surabaya. Surabaya dipilih karena dianggap pengelolaan KIM yang telah dilakukan cukup baik. Harapannya dari kunjungan ini dapat menggali informasi sebanyak mungkin. 

Puri dalam paparannya mengungkapkan bahwa KIM ini merupakan ujung tombak Pemkot Surabaya karena itu ada beberapa program yang dilakukan salah satunya dengan memberikan pelatihan sesuai dengan keinginan anggota KIM. 

Beberapa yang sudah dilakukan seperti pelatihan  jurnalistik, media sosial, dan fotografi. Kedepan juga ada pelatihan film pendek. Pelatihan ini agar anggota KIM dapat memaksimalkan potensi wilayahnya 

Selain narasumber profesional, juga diundang narasumber dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memberikan informasi dan pelatihan terkait dengan pelayanan publik yang ada di Pemkot Surabaya. Selain pelatihan juga ada kegiatan awarding dan lomba blog sebagai upaya untuk memacu semangat anggota KIM untuk dapat lebih berpartisipasi. 

Usai sambutan rombongan diajak untuk berkunjung ke Kelurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak untuk betemu dengan KIM Bahari. Disambut oleh Ketua KIM Bahari, Tri Eko Sulistiowati. rombongan dijamu dengan kuliner laut khas Surabaya. Bunda Tri (Sapaan Tri Eko Sulistiowati) mengungkapkan, perannya selama ini sebagai KIM adalah menyampaikan program pemerintah kepada masyarakat sekaligus mengenalkan potensi wilayahnya. BAnyak cara yang dapat dilakukan seperti blog, dan media sosial.

Aninda Cynthia Budiarti, perwakilan dari KIM Mojo, Kecamatan Gubeng menambahkan, memang tidak mudah untuk membentuk KIM hingga menjadi seperti yang telah dicapai oelh KIM di Surabaya, namun dengan komitmen serta kesungguhan hal itu bukan sesuatu yang mustahil untuk dicapai. (ynu)

Berita Lainnya