Dinkominfo - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini beserta anggota Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) meninjau beberapa tempat pemungutan suara (TPS) Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif 2019, Rabu (17/4). Selain TPS, rombongan juga meninjau pos pengamanan di beberapa titik di Surabaya.

Hadir dalam rombongan tersebut, leh Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Antonius Agus Rahmanto, Kepala Kejaksaan Negeri Surabaya M Teguh Darmawan, Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya Rachmat Supriady, dan Ketua Pengadilan Negeri Surabaya Nursyam serta Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf Sudaryanto.

Berangkat dari Balai Kota Surabaya, lokasi pertama kunjungan adalah TPS Jalan Pacar, Kelurahan Ketabang Kecamatan Gubeng. Di tempat itu, rombongan ini sempat berkomunikasi dengan para pemilih yang memadati TPS itu, termasuk salah satu pemilih yang usianya sudah 94 tahun.

Rombongan ini melanjutkan kunjungannya ke TPS 044 di Jalan Luntas Kelurahan Pacar Keling Kecamatan Tambaksari. Kemudian dilanjutkan ke TPS 33 Jalan Srikana Kelurahan Airlangga Kecamatan Gubeng. 

Selanjutnya, rombongan ini ke TPS 26 di Kelurahan Sukolilo Baru Kecamatan Bulak. Di TPS itu, berjajar ke arah utara sejumlah TPS lain, yakni mulai TPS 15 hingga TPS 26, sehingga sekitar 12 TPS berjajar di sepanjang jalan. Sepanjang perjalanan Wali Kota Risma tidak lupa menyapa warga termasuk ibu-ibu.

Kemudian, rombongan ini beranjak ke beberapa pos pengamanan, diantara pos pengamanan di Jalan KH Mas Mansyur atau depan pintu gerbang kawasan wisata ampel. Lalu ke pos pengamanan di Taman Bungkul yang dijaga oleh personil-personil Brimob. Saat itu, Wali Kota Risma dan rombongan sempat berkomunikasi dengan mereka. 

Selanjutnya, rombongan meninjau pos pengamanan di Bundaran Waru atau perbatasan Sidoarjo-Surabaya dan dilanjutkan ke pos pengamanan depan PTC dan diakhir di pos pengamanan yang ada di Balai Pemuda Surabaya. 

Pada kesempatan itu, Wali Kota Risma mengatakan sejauh ini pelaksanaan pemilu di Kota Surabaya berjalan dengan baik. Bahkan, ia menjelaskan bahwa partisipasi masyarakat sangat tinggi, terbukti hingga pukul 10.00 WIB pagi tadi, partisipasi pemilih sudah mencapai 70 persen, sehingga dia berharap partisipasi pemilih atau masyarakat bisa terus naik dan melebihi angka itu. Ia berharap semuanya berjalan dengan baik, mudah-mudahan sampai selesai tidak ada sesuatu pun yang mengganggu stabilitas kota.