Dinkominfo - Kota Surabaya menyabet Juara I dalam Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Provinsi Tahun 2019 (16/5). Warga Surabaya patut berbangga. Pasalnya, Perpustakaan Kelurahan Pagesangan mewakili Kota Pahlawan menjadi Juara I dalam lomba tersebut. Perpustakaan tersebut berada di Balai Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan. Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan minat baca dan menciptakan budaya baca di kalangan masyarakat umum serta untuk menggali inovasi dan kreativitas dalam pelaksanaan Perpustakaan Umum untuk meningkatkan kualitasnya.

Perpustakaan "Rakyat" Kelurahan Pagesangan mengalahkan lima kandidat lainnya yaitu Perpustakaan "Dewata" Desa Wage Kabupaten Sidoarjo, Perpustakaan "Srikandi" Desa Tunggari Kabupaten Tulungagung, Perpustakaan "Cahaya Dunia" Desa Tlogopatut Kabupaten Gresik, Perpustakaan "Kartini" Desa Sukosari Kabupaten Lumajang, serta Perpustakaan "Sang Juara" Desa Kedung Rejoso Kabupaten Probolinggo

Dalam tahap penilaian terakhir, Kamis (9/5).  Camat Jambangan, Anna Fajriyatin dalam sambutannya mengatakan, Perpustakaan Kelurahan Pagesangan ini telah menjadi ikon di Kecamatan Jambangan dan juga menjadi jujugan bagi tamu-tamu baik dalam negeri maupun luar negeri. Perkembangan dari perpustakaan ini di mulai dari anak paud, ibu-ibu yang mengantar juga memanfaatkannya. Selain itu perpustakaan dimanfaatkan untuk mencari literasi pelaku usaha yang ada di Kecamatan Jambangan untuk mengembangkan tampilan produknya, Anna Fajriyatin menambahkan, bahwa perpustakaan ini menjadi jendela dunia untuk mencari literasi dan menambah pengetahuan bagi masyarakat Jambangan khususnya warga Kelurahan Pagesangan. beliau berharap agar masyarakat bisa memberdayakan salah satu aset yang ada di Kecamatan Jambangan.Perpustakaan ini merupakan hasil sinergi dari para OPD yang ada di Kota Surabaya. Diantaranya, DCKTR untuk pembangunan gedung dan interiornya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk kelengkapan buku dan sarana pendukung perpustakaan , serta kebutuhan lainnya dari Bagian Layanan Pengadaan dan Pengelolaan Aset.

Sedangkan dari pihak Provinsi Jatim yang diwakili oleh Ketua Juri, Agus Samiaji menyampaikan, tujuan hadir di Kelurahan Pagesangan untuk memberikan penilaian didasarkan atas beberapa kriteria dari beberapa tahap yaitu Tahap I adalah seleksi administrasi yang mencakup instrumen yang ada di perpustakaan, dari tahap tersebut ditentukan 10 nominator, selanjutnya pada Tahap II yaitu presentasi yang dilakukan pada tanggal 30 April 2019, sedangkan pada tahap terakhir, yaitu visitasi lapangan dengan mengecek instrumen perpustakaan dan mericek presentasi yang dilakukan pada tahap sebelumnya.

Melalui beberapa tahapan tersebut Kecamatan Jambangan membuktikan,Bahwa Motto "Jawara" (Jambangan Juara) yang digaungkan oleh Kecamatan Jambangan Bisa terbukti dengan diraihnya Juara Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Provinsi Tahun 2019.