Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Pelajari Inovasi Surabaya, Diklatpim Tingkat IV Angkatan VII dan VIII Badan Pengembangan SDM Provinsi Jawa Barat Kunjungi Dinkominfo

Selasa, 17 September 2019 | 5 tahun yang lalu

Dinkominfo-Berbagai macam inovasi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Surabaya, menarik banyak pihak untuk berkunjung. Kali ini Diklatpim Tingkat IV Angkatan VII dan VIII Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat datang berkunjung, Selasa (17/9).

Rombongan diterima oleh Cahyo Utomo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya di Ruang Rapat Dinkominfo. Dalam sambutannya Cahyo menyampaikan ucapan selamat datang kepada para rombongan, Ia juga menjelaskan secara singkat profil Kota Surabaya.

Tujuan kunjungan ke Kota Surabaya guna mengadopsi dan mengadaptasi inovasi-inovasi dalam pelayanan publik yang telah dilaksanakan oleh Kota Surabaya. Surabaya dipilih menjadi lokasi penelitian karena telah sukses dalam melaksanakan inovasi dalam pelayanan publik, terbukti dengan banyaknya apresiasi yang telah diterima oleh Kota Surabaya.

Sementara itu, Cahyo Utomo dalam paparannya menjelaskan di era modern ini segalanya dituntut untuk cepat dan transparan. Termasuk untuk Pelayanan Publik, oleh karena itu, Pemerintah Kota Surabaya menggunakan Eletronik Government untuk sistem Pelayanan Publik, Pengelolaan Keuangan, Surat Menyurat hingga Proses Perencanaan Pembangunan di Kota Surabaya.

Cahyo mencontohkan untuk proses surat menyurat, Kota Surabaya telah menggunakan aplikasi e-Surat, dengan aplikasi ini proses surat menyurat dapat lebih efektif dan efisien, serta dapat menghemat anggaran kertas di Kota Surabaya karena semua proses surat menyurat antar SKPD hingga Disposisi kegiatan sudah menggunakan elektronik. 

Terkait dengan lingkungan, Pemkot Surabaya juga turut memberikan perhatian. Mulai pengolahan sampah organik, mengurangi penggunaan plastik hingga pengolahan limbah. 

Pemkot Surabaya juga ikut dinilai oleh warga Kota Surabaya. Mereka bisa memberikan feedback terkait yang nantinya bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi. Penyampaian aspirasi tersebut dapat dilakukan oleh warga melalui berbagai kanal yang disediakan oleh Pemkot Surabaya salah satunya adalah media sosial.

Kinerja para pegawai di lingkungan Pemkot Surabaya juga dapat dimonitor langsung yang harus dilaporkan setiap hari, hal ini selain meningkatkan efisiensi dan kinerja juga menunjang kesejahteraan pegawai di lingkungan Pemkot Surabaya.

Berita Lainnya