Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Rombongan Press Tour Provinsi Bali Kunjungi Command Center 112

Rabu, 18 September 2019 | 5 tahun yang lalu

Dinkominfo- Inovasi sistem tanggap darurat dari Pemerintah Kota Surabaya menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi banyak pihak untuk datang dan berkunjung untuk melihat secara langsung proses penanganan laporan kegawatdaruratan dan juga sekaligus mencari informasi tentang inovasi tersebut.

Kali ini, rombongan Press Tour dari Provinsi Bali datang berkunjung ke gedung Siola untuk mengetahui secara langsung proses didalam Command Center dan juga cerita yang ada dibalik pembangunan sistem Command Center 112, Rabu (18/9).

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Bali, I Wayan Suarjana selaku kepala rombongan menyampaikan tujuan kunjungannya kali ini guna melihat secara langsung kemajuan Kota Surabaya. Menurutnya, Kota Surabaya sudah jauh lebih maju dalam sisi pelayanannya, oleh karna itu Ia berharap Provinsi Bali dapat mengadopsi dan menerapkan proses pelayanan tersebut.

“Kita ingin tahu lebih dalam mengenai pengelolaan sampah di Kota Surabaya, serta Call Center 112 untuk pelayanan keluhan. Kota Surabaya kan semua pengelolaannya sudah menggunakan sistem, ini bisa jadi bekal yang baik dan perlu di contoh” ujar I Wayan Suarjana.

Sementara itu, Arif Sunandar Kasubdit Kedaruratan BPB Linmas Kota Surabaya menjelaskan bahwa Command Center 112 ini merupakan pusat komando yang siap siaga 24 jam nonstop untuk membantu warga Kota Surabaya dari berbagai masalah. Menurut Arif, terdapat lebih dari 1000 CCTV yang tersebar di seluruh Kota Surabaya dapat dipantau melalui Command Center 112 ini, serta ada 21 operator yang siap selama 24 jam menerima keluhan warga Kota Surabaya.

Arif menjelaskan, Command Center 112 ini terdiri atas kerjasama dari banyak instansi atau dinas, yang bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Ia mencontohkan, seperti Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau, Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan, Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak, serta dari Kepolisian.

Berita Lainnya