Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Pantau UNBK Dispendik Siapkan Posko Khusus

Selasa, 15 Maret 2016 | 8 tahun yang lalu

Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMA/SMK kurang 20 hari. Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya terus mempersiapkan dengan matang. Senin (14/3), Dispendik mendirikan posko UNBK sebagai pusat informasi dan pemantauan selama UNBK berlangsung. 

Kepala Dispendik Surabaya Ikhsan menerangkan seluruh siswa kelas IX SMP dan XII SMA/SMK di Surabaya mengikuti UNBK tahun ini. Dengan jumlah yang semakin banyak, lanjutnya, tetap dapat dipantau dengan pusat di posko UNBK. Proktor dan teknisi dapat saling sharing apa saja yang menjadi kendala selama UNBK. Mulai persiapan saat ini sampai selesai nantinya.

 Satu proktor dengan proktor lainnya dapat saling berkomunikasi dengan media sosial telegram. Percakapan mereka dalam satu grup itu dapat dipantau melalui posko ini. Dengan begitu, apabila terjadi kendala saat persiapan maupun pelaksanaan UNBK dapat segera mendapatkan penangangan dan solusi. Ada yang kurang apa, tidak bisa apa, akan dibantu 

Selain itu guna mempermudah sekolah ataupun masyarakat yang ingin mengetehui informasi mengenai penyelenggaraan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) khususnya di kota Surabaya, Dinas Pendidikan (Dispendik) saat ini  telah meluncurkan layanan informasi yang dapat diakses masyarakat kapanpun dan dimanapun berada. Layanan yang diberi nama “Sahabat UNBK” dapat diakses melalui website dispendik.surabaya.go.d/unbk.

Ikhsan melanjutkan pihaknya membentuk 20 proktor yang bertugas sebagai koordinator wilayah. Masing-masing wilayah di Surabaya ada 4 proktor koordinator. Mereka yang bertanggungjawab dan memberikan laporan. Pembentukan koordinator proktor tersebut juga dapat membantu sekolah mendapatkan penangangan lebih cepat saat terjadi masalah UNBK.

Selain ini, Ikhsan melanjutkan posko UNBK akan dijaga oleh lima orang utama sebagai penanggung jawab pelaksanaan UNBK. Masing-masing punya koordinator per wilayah. Mereka antara lain Harun Al Rasyid (koordinator pusat), Adityo (penanggungjawab UNBK di Surabaya Utara), Zaki Riza Kota (Surabaya Selatan), Ryan Herdianto (Surabaya Timur), dan Emil Afi (Surabaya Barat).

 Ikhsan mengatakan, posko UNBK ini memang tidak standby 24 jam. Namun komunikasi mereka tetap dapat terus berjalan 24 jam melalui media sosial yang sudah diberikan. Dia berharap seluruh proktor dan teknisi dapat saling berkoordinasi untuk kelancaraan UNBK.

 Harun menambahkan sejauh ini komunikasi proktor dan teknisi terus berjalan. Satu sama lain memberikan informasi terkait persiapan UNBK. Harun menerangkan paling banyak proktor masih mengeluhkan bagaimana cara koneksi server sekolah dengan server pusat, dan cara memasukkan token. Keluhan paling banyak memang dari sekolah yang baru melaksanakan UNBK tahun.

 Dia melanjutkan pusat penilaian pendidikan (Puspendik) memberikan jadwal sinkronisasi tahap tiga mulai Selasa (15/3). Ini sinkronisasi ID server sekolah ke pusat. Jadi sekolah yang menebeng atau tidak sebaiknya punya server sendiri.

 

Berita Lainnya