Tingkatkan Kinerja Pengawas Melalui Tugas Tambahan


Selasa, 21 Januari 2014

Kemarin (20/01),  Dinas Pendidikan Kota (Dispendik) Surabaya bersama para pengawas pendidikan menengah (Dikmen) serta pengawas TK/SD mengadakan rapat koordinasi. Agenda rapat adalah membahas program-program ke depan dalam memajukan mutu serta kualitas pendidikan di Surabaya.

Bambang Sugijanto selaku   Koordinator Pengawas Dikmen menuturkan, tugas tambahan yang akan dilakukan para pengawas ini merupakan sebuah upaya dari para pengawas untuk bersama-sama memajukan mutu serta kualitas pendidikan Surabaya ke depan.

Sementara itu, Nanik Yohanna yang juga merupakanpengawas Dikmen menjelaskan tugas tambahan lainnya bagi para pengawas. Yakni,  meliputi supervisi pengelolaan administrasi sekolah dan akademis, melakukan evaluasi secara berkala pada kegiatan ekstrakurikuler dan intrakurikuler di sekolah. Selain itu, juga memantau pelaksanaan program remidi/pengayaan, memantau penanganan dan pelaksanaan  bimbingan konseling, memantau pelaksanaan kegiatan penghijauan (Eco School, Adiwiyata) di sekolah.

Lebih lanjut, tugas tambahan yang tidak kalah pentingnya adalah memantau kegiatan konselor sebaya. Tujuannya adalah untuk menghindarkan para siswa dari perilaku negatif yang diakibatkan oleh berbabagi macam pergaulan siswa yang salah. Misalnya, pergaulan bebas, narkoba, dan trafficking.