Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Kunjungi Balai Kota, Dubes Amerika Serikat Harap Perluasan Kerjasama

Senin, 10 February 2014 | 10 tahun yang lalu

Robert Blake, Duta Besar (dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia,  melakukan kunjungan ke Balai Kota Surabaya, Senin (10/2). Ia didampingi oleh Joaquin Monserrate, Konsul Jenderal AS di Surabaya. Kunjungan mereka diterima oleh Tri Rismaharini, Walikota Surabaya bersama Hendro Gunawan, Sekretaris Daerah dan beberapa kepala SKPD.

Robert mengatakan, reputasi dan prestasi Surabaya di bawah pimpinan Walikota Tri Rismaharini terdengar hingga AS. Ia mengaku ketika pertama kali berkunjung ke Surabaya, ia melihat banyak terobosan dan tata kelola pemerintahannya juga baik sehingga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.

Menurut Robert, Indonesia merupakan mitra strategis AS, khususnya di wilayah Asia Tenggara. Berdasar data yang dihimpun dari kamar dagang AS, sedikitnya 65 miliar dolar AS diinvestasikan di Indonesia tiap tahun. Untuk itu dia berjanji pada kunjungan berikutnya akan membawa pengusaha Negeri Paman Sam dengan tujuan lebih memahami iklim investasi.

Tri Rismaharini, Walikota Surabaya optimis kerjasama di bidang investasi akan lebih bergairah. Pasalnya, dalam waktu dekat Surabaya akan memiliki pelabuhan baru, yakni Teluk Lamong. Pelabuhan tersebut diprediksi memegang peranan penting karena menjadi penghubung kawasan Indonesia bagian timur. Daya tampung Teluk Lamong, dikatakan walikota, tiga kali lipat lebih besar dari pelabuhan lama. Ia mengatakan, saat ini pihaknya sedang siapkan infrastruktur pendukung Pelabuhan Teluk Lamong.

Robert mengisyaratkan ke depan kerjasama tak hanya berkutat antar pemerintah saja. Memang, saat ini Surabaya sudah menjalin hubungan sister city dengan Seattle, AS. Bahkan, kerjasama tersebut sudah berjalan sejak 1992. Namun demikian, pihaknya mendorong kerjasama bisa diperluas mencakup sektor-sektor lainnya, hingga pada skala people to people (pribadi antar pribadi).

Berita Lainnya