Dinkominfo-Keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam membuat inovasi-inovasi membangun kota dan pelayanan masyarakat menjadi magnet bagi instansi pemerintah daerah lain untuk datang dan belajar tentang resep keberhasilan tersebut. Kali ini giliran rombongan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kabupaten Purwakarta datang berkunjung, Jumat (22/2).

Bertempat di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Surabaya, Gedung Pemerintah Kota Surabaya, rombongan diterima langsung oleh Sekretaris Dinkominfo, Cahyo Utomo.

Fery Heryana, Kabid TI Dinkominfo Purwakarta menjelaskan tujuan kedatangan kali ini dalam rangka mempelajari pengembangan layanan darurat 112 dan Command Center . Kunjungan tersebut juga menjalin silaturahmi dan menggali informasi terkait dengan inovasi apa yang telah dilakukan oleh Pemkot Surabaya. Kiranya ilmu dan informasi yang didapatkan dari kunjungan tersebut dapat diterapkan di Kabupaten Purwakarta.

Mengawali sambutan Cahyo mengucapkan selamat datang kepada rombongan serta secara singkat menjelaskan apa yang telah dilakukan oleh Pemkot Surabaya seperti kebersihan dan pengelolaan sampah, taman dan ruang terbuka hijau, pelayanan publik serta penerapan dan pengembangan IT dalam roda pemerintahan Kota Surabaya.

Terkait dengan layanan tanggap darurat 112, Cahyo menjelaskan bahwa inovasi ini adalah upaya Pemkot Surabaya dalam menangani masalah darurat dengan cepat. Hal ini terkait erat dengan upaya menjamin keamanan dan kenyamanan warga tinggal di Kota Pahlawan Layanan tanggap darurat ini dipantau oleh petugas command center yang bersiaga 24 jam penuh. 

Novi Setyowati, Kasie Pengelolaan Informasi Publik menjelaskan secara garis besar tentang Command Center 112. Novi menuturkan bahwa Command Center melibatkan seluruh OPD Pemkot Surabaya dan peran Dinkominfo adalah mengembangkan aplikasi dan sistem layanan 112. Selain layanan tanggap darurat Pemkot Surabaya juga memiliki layanan pengaduan masyarakat yakni media center. (ynu)