Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Pemkot Surabaya Resmikan Puskesmas Baru di Tengah Perkampungan Surabaya

Kamis, 16 Mei 2019 | 5 tahun yang lalu

Dinkominfo- Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali meresmikan puskesmas baru yang berlokasi ditengah pemukiman warga, tepatnya di Jalan Karangrejo Gang 4 Kelurahan Wonokromo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Kamis (15/05). Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti serta pemotongan pita oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Puskesmas baru tersebut memiliki 3 lantai yang digunakan untuk melayani kebutuhan kesehatan warga Wonokromo, lantai 1 digunakan untuk pelayanan pendaftaran dan kasir, pelayanan pemeriksaan dan umum, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, pelayanan kesehatan lansia, pelayanan KIA - KB, pelayanan gizi, pelayanan kefarmasian/obat, untuk Lantai 2 digunakan untuk pelayanan kesehatan tradisional, pelayanan laboratorium, pelayanan psikologi, pelayanan promosi kesehatan, dan pelayanan kesehatan lingkungan. Sementara di lantai 3, digunakan untuk ruang kepala puskesmas dan tata usaha.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Surabaya mengungkapkan kebahagiaannya, dengan adanya puskesmas di berdiri ditengah perkampungan warga. “Bapak-ibu sekalian, saya senang ada puskesmas di tengah perkampungan seperti ini. Dibandingkan puskesmas yang jauh dari rumah-rumah warga. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dengan baik,” kata Wali Kota Risma dalam sambutannya.

Ia menjelaskan bahwa Puskesmas Wonokromo ini juga menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Islam (RSI) Wonokromo. Dengan begitu, pasien yang memerlukan penanganan lebih lanjut bisa langsung dirujuk ke RSI. “Kita juga kerjasama dengan RSI ada rujukan ke sana. Jadi bapak ibu sekalian tidak perlu khawatir kalau dirujuk ke sana, pegang BPJS pasti dilayani,” ujarnya.

Tidak hanya itu, nantinya Wali Kota Risma bersama Dinkes akan membuat program yang ditujukan kepada ibu-ibu yang mengandung yakni Jaminan Persalinan (Jampersal). Jampersal diperuntukkan untuk Ibu tidak hanya masa persalinan saja, namun saat Ibu mulai awal mengandung. “Tidak ada yang boleh takut lagi periksa ke dokter atau bidan, karena kita sudah siapkan jaminan untuk persalinan, tidak boleh takut tidak ada uang. Saya tidak mau ada lagi permasalahan saat melahirkan apalagi ibu atau bayinya meninggal,” jelas Wali Kota.

Selain program jampersal, sambil mengelilingi ruangan lantai 1 Puskesmas Wonokromo, Wali Kota Risma juga menyampaikan bahwa nantinya akan ada pemeriksaan rutin secara gratis untuk usia pra lansia. Program tersebut tercetus mengingat banyaknya angka usia pra lansia yang mengalami sakit dibandingkan yang lansia.

“Bapak ibu sekalian menurut data dari Dinas Kesehatan, saat ini banyak anak muda-muda (sebelum masuk angka usia lansia)  malah rentan sakit. Jadi karena itu saya menyampaikan ke Dinkes untuk diadakan pemeriksaan pada warga usia sebelum lansia, Jika lansia sebulan sekali. Kalau yang muda dua bulan sekali misalkan, apakah nutut atau tidak dengan anggarannya nanti kita akan lihat. Begitu sudah ketangkep penyakit apa yang diketahui, langsung diikat, dan diobati,” lanjut Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Wonokromo Era Kartikawati sangat bersyukur atas diresmikannya puskesmas itu. Menurutnya, Wali Kota Risma memberikan perhatian lebih terutama untuk Puskesmas Wonokromo. Oleh karena itu, dia ingin terus memberikan sinergi yang positif baik program pemerintah untuk puskemas, maupun program dari puskesmas itu sendiri.

“Jadi dari program-program pemerintah kota tersebut saya berharapnya untuk masyarakat sekitar bisa menerima kehadiran puskesmas kita. Menjadikan mereka lebih sehat. Artinya puskesmas kita tidak melulu mengobati, tapi pencegahan juga bisa,” kata Era.

Era menyebutkan bahwa Puskesmas Wonokromo memiliki berbagai macam program, diantaranya Pelayananan Puskesmas Keliling, Pos Kesehatan Kelurahan, Jejaring Pos Kesehatan. Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas itu sebaik mungkin. 

Berita Lainnya