Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Kaji Kunci Sukses Surabaya Dalam Arus Revolusi Industri 4.0, STIA LAN Makassar Berkunjung ke Surabaya

Rabu, 18 September 2019 | 5 tahun yang lalu

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menerima kunjungan dari lembaga administrasi negara Republik Indonesia. Kali ini rombongan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Makassar datang berkunjung, Rabu (18/9). Rombongan diterima oleh Cahyo Utomo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Infomatika (Dinkominfo) di Ruang Rapat Dinkominfo.

Muh. Basri, ketua rombongan pagi ini mengatakan bahwa tujuannya datang adalah untuk mendapatkan pencerahan atau gambaran tentang kesiapan Pemkot Surabaya dalam menghadapi arus revolusi industri 4.0. Diharapkan nantinya, kunci sukses Pemkot Surabaya ini bisa dijadikan kajian dan perbandingan untuk bisa diterapkan untuk pemerintah daerah lainnya.

Cahyo dalam sambutannya mengucapkan selamat datang sekaligus terima kasih karena Surabaya telah dipercaya menjadi tempat tujuan untuk menimba ilmu. Harapannya informasi dan ilmu yang didapat dari kunjungan tersebut dapat bermanfaat. 

Mengawali paparan, Cahyo menjelaskan secara singkat tentang profil Kota Surabaya mulai kondisi geografis, demografis serta inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Pemkot Surabaya.

Cahyo menjelaskan bahwa Pemkot Surabaya menggunakan e-Government sebagai upaya mengimbangi tuntutan perkembangan untuk cepat dan transparan dalam administrasi pemerintahan dan pelayanan publik. Hal tersebut juga sebagai upaya komitmen Pemkot Surabaya memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. 

E-Government ini meliputi pengelolaan keuangan, surat menyurat hingga proses perencanaan pembangunan, kesehatan dan pelayanan kesehatan di Kota Surabaya.

Cahyo mencontohkan, dalam perencanaan pembangunan pemkot turut menyertakan masyarakat dalam aplikasi musrenbang. contoh lainnya adalah proses surat menyurat, Kota Surabaya telah menggunakan aplikasi e-Surat, dengan aplikasi ini proses surat menyurat dapat lebih efektif dan efisien, serta dapat menghemat anggaran kertas di Kota Surabaya karena semua proses surat menyurat antar SKPD hingga Disposisi kegiatan sudah menggunakan elektronik.

Masyarakat juga dipersiapkan untuk menghadapi era 4.0. Melalui Broadband Learning Center (BLC) masyarakat dapat belajar IT secara gratis. BLC ini juga tersebar di seluruh sudut Kota Surabaya.

Pemkot Surabaya, dalam bekerja memberikan pelayanan publik juga dipantau oleh masyarakat. Melalui Media Center, masyarakat dapat mengadu dan memberikan kritik dan saran kepada pemkot secara langsung.

Berita Lainnya