Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Kunjungi Surabaya, Kabupaten Bandung Perdalam Ilmu Tentang PPID.

Jumat, 15 November 2019 | 4 tahun yang lalu

Dinkominfo-Inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya selalu berhasil menarik perhatian banyak instansi lain untuk belajar tentang hal tersebut. Kali ini, Jumat (15/11), rombongan dari Pemerintah Kabupaten Bandung mengunjungi Kota Surabaya untuk belajar mengenai salah satu inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya, yaitu Pejabat Pengelolah Informasi Dan Dokumentasi (PPID).

Kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Bandung diterima langsung oleh M. Fikser selaku Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Surabaya. Sebelum paparan dimulai, Pimpinan rombongan selaku Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik dari Kabupaten Bandung, Atih Witartih, mengatakan tujuannya datang ke Dinas Komunikasi Dan Informatika. "Ini adalah kesempatan bagi kami untuk belajar bagaimana dan seperti apa pengelolaan informasi dan dokumentasi yang ada di Surabaya agar bisa kami terapkan ditempat kami" ujar Atih.

Setelah itu M.Fikser memberikan paparan kepada rombongan Pemerintah Kabupaten Bandung mengenai PPID. Dalam paparannya, M. Fikser menjelaskan mengenai tugas PPID yaitu mengkoordinasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID pembantu, menyimpan mendokumentasikan, menyediakan dan memeberi pelayanan informasi publik, melakukan verifikasi bahan informasi publik, melakukan uji konsekuansi atas informasi yang dikecualikan, melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi dan menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat.

M. Fikser juga menjelaskan sedikit tentang Media Center. Karena melalui Media Center masyarakat dapat berpartisipasi dalam pembangunan pembangunan Kota Surabaya. Masyarakat juga bisa berpartisipasi memberikan kritik, saran, masukan atau keluhan. Ia juga menjelaskan sop media center jika 1x60 menit tidak merespon maka secara otomatis sms dikirim ke Kepala Dinas. Jika tidak direspon Kepala Dinas maka sms akan dikirim ke Walikota.

Lebih lanjut M.Fikser menambahkan, Media Center dapat diakses melalui website www.surabaya.go.id, facebook sapawarga kota Surabaya, twitter@SapawargaSby, email mediacenter@surabaya.go.id, serta portal sapawarga.surabaya.go.id. Tak hanya itu, warga juga bisa datang langsung ke kantor Media Center, tepatnya di Jl. Jimerto 6-8 Surabaya.

Rombongan Kabupaten Bandung kemudian diajak untuk mengunjungi Ruang Command Center yang menangani pengaduan kegawat daruratan di Gedung Siola Surabaya.

Berita Lainnya