Kunjungan Pemkab Jembrana Pelajari Penerapan TI Kota Surabaya


Kamis, 28 November 2019

Dinkominfo-Inovasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya rupanya menarik berbagai pihak untuk mengkaji lebih mendalam. Kali ini rombongan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemerintah Kabupaten Jembrana datang berkunjung, Kamis (28/11).

Rombongan disambut oleh Cahyo Utomo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) di Ruang Rapat Dinkominfo Surabaya, Kantor Pemkot Jimerto Surabaya.

Kadek Arianta selaku ketua rombongan mengungkapkan bahwa kunjungan tersebut bagaimana melihat Pemkot Surabaya menata kota serta bagaimana upaya pemerintah mengajak dan memberdayakan masyarakat untuk bersama pemerintah membangun kota. Selain itu, sesuai dengan perkembangan teknologi, kunjungan tersebut melihat bagaimana pemanfaatan IT hingga level terbawah. 

Mengawali sambutannya, Cahyo mengucapkan selamat datang di Pemkot Surabaya serta menjelaskan secara singkat profil serta inovasi apa saja yang telah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam menjalankan pemerintahan serta melayani masyarakat.

Mulai layanan kesehatan hingga perijinan dan mengurus kependudukan semua dapat dilakukan secara online, sehingga selain memudahkan juga pelayanan masyarakat menjadi lebih efisien. Tidak hanya pelayanan publik, namun proses administrasi pemerintahan juga telah memanfaatkan teknologi informasi. Seluruh aplikasi tersebut terkoneksi dalam satu sistem terpadu E-government.

Pemkot Surabaya menyiapkan dan terus melengkapi infrastruktur penunjang untuk menyempurnakan penerapan IT tersebut. Salah satunya adalah dengan Broadband Learning Center (BLC) yang tersebar di seluruh wilayah Surabaya yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk belajar IT.