Dinkominfo- Pagi ini, rombongan dari Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) Pemerintah Kota Magelang berkunjung ke Dinas Komunikasi dan Informatika guna mempelajari penerapan elektronik governmen di Kota Surabaya. Bertempat di Ruang Rapat Bagian Administrasi Pembangunan Kota Surabaya, rombongan terima secara langsung oleh Cahyo Utomo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Senin (02/12).

Wikan Kanugroho, Kepala Bidang Teknologi Informatika Diskominsta Kota Magelang dalam sambutannya menyampaikan, tujuannya ke Kota Surabaya guna mengetahui lebih dalam mengenai program Command Center 112 yang telah diterapkan di Kota Surabaya. Ia berharap setelah mendapat ilmu tersebut, para peserta nantinya dapat mengembangkan ilmunya untuk diterapkan di daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Cahyo Utomo dalam paparannya menjelaskan Command Center 112 dibuat atas keinginan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini agar layanan pengaduan dari masyarakat dapat direspon secara cepat dan maksimal yang siap siaga 24 jam secara tepusat. Dari keinginan tersebut, maka muncullah inovasi nomor tanggap darurat 112 ini.

Cahyo menjelaskan, Command Center 112 ini merupakan hasil kolaborasi antar OPD di Kota Surabaya. Ia menjelaskan untuk gedung, command center 112 disediakan oleh Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Kota Surabaya.
"Sebelumnya, gedung ini merupakan mall yg izinnya telah habis, lalu dimanfaatkan oleh Pemkot Surabaya untuk membangun mall pelayanan publik" jelas Cahyo.

Sedangkan untuk interior ruangan command center dibangun oleh Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, untuk penyediaan komputer dan barang lainnya disediakan oleh Layanan Pengadaan dan Pengelolaan Aset Kota Surabaya. Sementara untuk sumber daya, Cahyo menjelaskan di Command Center disediakan oleh 8 OPD diantaranya DP5A, DKRTH, DPUBM, LINMAS, SATPOL PP, DISHUB, DINSOS, PMK serta dibantu oleh Kepolisian.
"Jadi bukan semunya dari Kominfo, kita hanya menyediakan teknologinya. Seperti jaringan, aplikasi, cctv, server, jaringan fiber optic" jelas Cahyo.

Masih menurut Cahyo, Command Center 112 ini merupakan hasil Kolaborasi antar OPD di Kota Surabaya. Melalui nomor 112 ini, masyarakat dapat melaporkan jika terjadi keadaan darurat maupun bencana atau jika membutuhkan bantuan. Laporan yang diterima, akan langsung ditindaklanjuti oleh petugas yang tersebar di 9 posko yang ada di seluruh Kota Surabaya dengan respond time maksimal 7 menit tiap kejadian darurat.