Buka Acara Awarding Surabaya Smart City 2019, Wali Kota Risma: Saya Ingin Buat Museum Lingkungan


Sabtu, 07 Desember 2019

Dinkominfo- Malam ini, Sabtu (7/12) Pemerintah Kota Surabaya bekerja sama dengan Jawa Pos dan Radar Surabaya menggelar acara awarding Surabaya Smart City 2019. Berlokasi di Halaman Balai Kota Surabaya, acara disambut meriah oleh para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Kota Surabaya.

Leak Kustiyo, Direktur Utama Jawa Pos dalam sambutannya menyampaikan terimakasihnya kepada semua pihak yang selama 6 bulan terakhir telah terlibat dan turut membantu dalam acara Surabaya Smart City ini.

Leak menyampaikan, kerja bareng antara Pemkot Surabaya dengan Jawa Pos dan Radar Surabaya ini telah terjalin cukup lama. "Dimulai dengan nama Green and Clean, kemudian untuk memperkuat ide Bu Risma bahwa lingkungan serta pengelolaan sampah di Surabaya juga harus baik maka setahun kemudian dibuat kegiatan Merdeka Dari Sampah" Jelas Leak.

Setelah 13 tahun kegiatan Merdeka Dari Sampah tersebut berjalan, warga saat ini telah dapat merasakan dampaknya pada kebersihan lingkungan, tanaman bahkan saluran di Kota Surabaya . "Oleh karena itu, saat ini kita melangkah ke depan dengan membuat Surabaya Smart City" ujar Leak.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan apresiasinya kepada para warga yang telah mengikuti acara Surabaya Smart City 2019 ini. Menurutnya, Smart City tidak hanya dinilai dari teknologinya namun juga dinilai dari warganya, lingkungannya serta ekonominya.

"Melihat Bapak-Ibu sekalian, saya jadi memiliki keinginan untuk membuat Museum Lingkungan di Surabaya" ujar Wali Kota Risma. Menurutnya, sangat disayangkan apabila upaya yang telah dilakukan oleh para peserta tidak dapat dilihat oleh generasi penerusnya.

"Kalau dijadikan museum, bukan hanyak anak-cucu kita yang bisa melihatnya. Tapi tamu-tamu kita dari luar negeri juga bisa melihat proses apa saya yang telah kita lakukan untuk Kota Surabaya" ujar Wali Kota Risma.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pengumuman juara Surabaya Smart City 2019. Juara pertama diraih oleh Kelurahan Babatan RW 05, untuk juara kedua diraih oleh Kelurahan Medokan Semampir RW 02, sedangkan untuk juara ketiga diraih oleh Kelurahan Menur Pumpungan RW 06. Hadiah berupa trophy dan uang tunai diserahkan langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kepada para pemenang.