Tanamkan Peduli Kebersihan, Pemkot Surabaya Rutin Gelar Kerja Bakti Jumat Bersih


Jum'at, 24 Januari 2020

Dinkominfo-Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, kebersihan merupakan salah satu fokus utama Pemerintah Kota Surabaya. Salah satunya adalah kegiatan Jumat Bersih yang rutin dilakukan tiap minggu. Seperti yang dilakukan Jumat (24/1) pagi tadi, berbagai elemen mulai dari OPD Pemkot Surabaya, kader fasilitator lingkungan hingga masyarakat setempat bersama melakukan kerja bakti di area Jalan Pogot Baru, Pogot Jaya, Platuk dan Tanah Merah.

Ipong Wisnoe, Sekretaris Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) mengungkapkan bahwa kerja bakti tersebut memang sudah rutin dilakukan tiap hari Jumat dengan lokasi yang berbeda-beda. Kerja bakti yang dilakukan bersama warga dan kader lingkungan tersebut adalah dengan membersihkan sampah khususnya yang berada di saluran-saluran agar tidak menghambat aliran air. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan perantingan di beberapa pohon yang ada dirasa perlu guna mencegah dahan dan ranting yang jatuh saat angin kencang.

Harapan dengan adanya kegiatan ini adalah dapat menanamkan keasadaran dan menumbuhkan kepedulian warga pada kebersihan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya dan dapat rutin menjaganya. DKRTH juga dapat membantu dalam mengangkut sampah warga dimana warga dapat mengumpulkan di satu titik dan dapat menghubungi DKRTH atau 112 untuk mengangkut sampah tersebut. 

Selain kegiatan kerja bakti, tiap rumah yang ada juga ditempel stiker sebagai penanda bahwa warga daerah tersebut telah menerima sosialisasi tentang Perda Kota Surabaya Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah dan Kebersihan Kota Surabaya serta Perwali Nomor 10 Tahun 2017 tentang sanksi administratif bagi yang melanggar kebersihan.