Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Peduli Kesehatan, Pemkot Surabaya Lakukan Pengecekan Kesehatan dan Vaksin untuk Wartawan

Selasa, 4 February 2020 | 4 tahun yang lalu

Sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terhadap para jurnalis. Hari ini, Senin (3/2/2020), Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya melakukan check up kesehatan dan vaksin influenza khusus bagi para wartawan.

Pengecekan kesehatan dan vaksin yang berlangsung di Kantor Bagian Humas, Jalan Jimerto no 6-8 Surabaya ini berlangsung selama tiga jam, mulai pukul 09.00 – 12.00 wib. Wartawan dari berbagai media hadir untuk mengecek kesehatan mereka. Mulai dari tensi darah, gula darah sampai koleterol.

Kepala Dinas Kesehatan, Kota Surabaya, Febria Rahmanita mengatakan, upaya pemberian vaksin ini dilakukan pemkot untuk melindungi wartawan dari resiko terinfeksi virus influenza. Hal tersebut mengingat para wartawan bertugas di lapangan dan beresiko lebih tinggi dibandingkan pekerja di dalam ruangan. Terlebih saat ini, cuaca mengalami pergantian.

“Ini adalah bentuk partisipasi pemkot untuk melindungi wartawan yang bekerja sama dengan Pemkot Surabaya,” kata Feny sapaan akrab Febria Rachmanita.

Ia menjelaskan, vaksin ini diberikan bagi pekerja yang beresiko. Seperti wartawan dengan jam terbang yang cukup tinggi. Sehingga di kondisi saat ini, wartawan tetap sehat dan bisa menjaga kondisi. “Kami memberikan vaksin influenza bagi mereka petugas yang beresiko. Wartawan salah satunya,” ujarnya.

Feny berharap, langkah ini dapat menjaga petugas yang beresiko khususnya para wartawan agar tetap sehat dan dapat bertugas dengan baik. “Harapannya, semua petugas beresiko tetap sehat dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” terangnya.

Salah satu wartawan yang mengikuti kegiatan pengecekan kesehatan adalah Iwan Christiono. Jurnalis dari media Lensa Indonesia ini menilai, bahwa kegiatan yang difasilitasi Bagian Humas menunjukkan jika pemkot sangat peduli terhadap kesehatan. Terutama awarness terhadap kesehatan wartawan.

"Apalagi selama ini wartawan tidak banyak punya waktu. Dengan adanya check up kesehatan ini mereka jadi punya tolak ukur bagaimana kondisi kesehatannya," jelasnya.

Senada dengan itu, jurnalis asal media Memo-X bernama Esti Widiyana juga mengapresiasi pemberian vaksin dari pemkot. Bagi dia, pemberian vaksin ini adalah bentuk perhatian dari pemerintah bagi profesi wartawan. Menurutnya, pengecekan seperti kolesterol dan gula darah adalah hal yang cukup penting yang terkadang lupa untuk dilakukan.

“Supaya kita semua lebih bisa menjaga kesehatan. Khususnya untuk pengecekan gula darah dan kolesterol supaya kami bisa menjaga pola makan,” pungkas dia 

Berita Lainnya