Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Resmi Ditutup, Surabaya Fashion Week 2021 Catatkan Transaksi Hampir Rp 600 Juta

Senin, 8 November 2021 | 2 tahun yang lalu

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya resmi menutup acara Surabaya Fashion Week (SFW) 2021 yang digelar di Main Atrium Grand City Surabaya, Minggu (7/11/2021). Acara yang digelar selama seminggu, mulai 31 Oktober hingga 7 November 2021 itu berhasil mencatatkan nilai transaksi hampir Rp 600 juta.

Acara penutupan SFW itu dimeriahkan oleh fashion show yang mana para modelnya berasal dari dalam dan luar negeri. Para model ini menggunakan berbagai busana produk UMKM Surabaya yang didesain oleh 11 desainer Surabaya.

Yang tak kalah menariknya, penutupan SWF 2021 ini juga dimeriahkan oleh fashion show dari Kepala Perangkat Daerah (PD) perempuan beserta istri Kepala PD Pemkot Surabaya. Dengan menggunakan produk UMKM, mereka berjalan pelan di atas catwalk layaknya model-model profesional. Acara itu juga disaksikan langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan juga Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.

Pada kesempatan itu, Ketua Dekranasda Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi mengatakan penyelenggaraan pameran UMKM Journey bersama Surabaya Fashion Week 2021 ini dimaksudkan sebagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat Surabaya. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang dapat diterima oleh masyarakat, khususnya masyarakat dunia usaha dan bermuara pada meningkatnya kepercayaan masyarakat bahwa Kota Surabaya telah aman dari pandemi Covid-19 dan dapat kembali melakukan kegiatan ekonomi.

“Kegiatan ini diikuti oleh 362 peserta yang terdiri dari 84 peserta pameran UMKM Journey bersama Surabaya Fashion Week 2021 dan 278 peserta pada pameran virtual Peken Surabaya. Dan syukur alhamdulillah sampai hari terakhir pameran ini, total transaksi mencapai ratusan juta rupiah,” tegasnya.

Menurutnya, hal ini sebagai awal yang baik karena keuntungan yang diperoleh tentu tidak hanya berkaitan dengan angka, namun lebih daripada itu meningkatnya awarness masyarakat Kota Surabaya terhadap ragam UMKM Kota Surabaya yang memiliki kualitas luar biasa. “Oleh karena itu, saya sampaikan terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini dari awal hingga akhir,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menutup acara itu memastikan bahwa acara Surabaya Fashion Week 2021 yang digelar selama tujuh hari itu dihadiri oleh sekitar 800 orang lebih. Ia juga memastikan bahwa selama acara Surabaya Fashion Week 2021 dan setelah diluncurkannya Peken Surabaya, nilai transaksi yang berhasil dibukukan hampir mencapai Rp 600 juta.

“Alhamdulillah baru tujuh hari sudah hampir Rp 600 juta. Bagaimana kalau sampai sebulan, tentu akan semakin bergerak perekonomian ini,” kata Wali Kota Eri.

Oleh karena itu, ia berharap semua pihak untuk terus semangat bergotong-royong dan semangat menggunakan produk UMKM Kota Surabaya, sehingga perekonomian di Kota Surabaya bisa semakin bergerak. Menurutnya, dengan adanya acara ini, maka bisa dirasakan geliat perekonomian Surabaya melalui UMKM-nya.

“Dari pengalaman ini, juga dapat disimpulkan bahwa batiknya Surabaya dan Peken Surabaya akan lebih hebat lagi ke depannya, dan yang paling penting batiknya Surabaya tidak ngisin-ngisini kalau dipakai. Jadi, ayo mulai sekarang kalau mau ke mal pakai batiknya Surabaya,” pungkasnya.

Berita Lainnya