Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Tindaklanjuti Kerjasama Surabaya-Liverpool, Dubes Inggris Kunjungi G10N

Kamis, 2 Desember 2021 | 2 tahun yang lalu

Sore ini, Rabu (1/12) Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste, Owen Jenkins meninjau langsung pelaksanaan program pengembangan sepak bola di Gelora 10 November (G10N), Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya. Kunjungan ini merupakan bagian dari hubungan kerjasama sister city antara Kota Surabaya - Kota Liverpool, Inggris.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Inggris Owen Jenkins juga menyampaikan mengenai rencana Program Pendidikan Pelatih elite yang akan digelar secara online oleh Tranmere Rovers FC (TRFC).

Ia mengaku senang ketika mendengar bahwa program kerjasama di bidang sepak bola antara Surabaya - Liverpool yang telah dimulai pada tahun 2018, akan berlanjut hingga tahun depan.

Menurut Owen, nantinya akan ada pemain elite atau terbaik asal Kota Surabaya yang akan berangkat ke Inggris untuk berlatih bersama club, Tranmere Rovers.

"Ini adalah kesempatan besar bagi pemain muda untuk melihat cara kerja klub sepak bola profesional Inggris, mempelajari budaya sepak bola Inggris dan membawa keterampilan dan berbagi pengalaman baru saat kembali ke Indonesia," ujar Owen.

Melalui program kerjasama pengembangan sepak bola di Kota Surabaya ini, Owen berharap dapat meningkatkan prestasi Tim Nasional (Timnas) Indonesia hingga kedepannya bisa berkancah di Internasional.

"Kami berharap upaya ini akan meningkatkan prestasi Tim Nasional Indonesia, dan kami ingin melihat Indonesia berpartisipasi di piala dunia. Tentunya, saya akan memberi semangat untuk pemain sepak bola Indonesia yang mudah-mudahan bisa bergabung dan bermain untuk tim saya, yaitu Arsenal," tutur Owen.

Owen menyampaikan, sepak bola adalah olahraga yang dicintai oleh milyaran orang di seluruh dunia. Bahkan, sepak bola bisa menyatukan dunia. Selain baik untuk kesehatan fisik dan mental, sepak bola juga mengajarkan anak-anak dan remaja tentang sikap disiplin, saling menghargai, kepemimpinan, dan pentingnya bekerjasama dalam sebuah tim.

Mengingat bahwa Kota Surabaya akan menjadi tuan rumah untuk piala dunia U-20 pada 2023 mendatang, hal tersebut merupakan kesempatan yang baik bagi Kota Surabaya. Karenanya, pihaknya pun siap mendukung Kota Surabaya untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan piala bergengsi tersebut.

"Kami di Inggris ingin mendukung anda (Surabaya) menjadi tuan rumah dari acara global yang bergengsi ini. Surabaya dan Liverpool adalah mitra yang sama hebatnya. Program sepak bola yang kita lihat hari ini, adalah salah satu dari banyak proyek yang telah membuahkan hasil karena nota kesepahaman yang ditandatangani pada tahun 2018," ungkap Owen.

 

Berita Lainnya