Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Hadir di Acara Sedekah Bumi, Wali Kota Eri Cahyadi Ajak Warga terus Lestarikan Budaya Kampung

Minggu, 4 Juni 2023 | 10 bulan yang lalu

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi hadir di tengah warga dalam acara sedekah bumi di petilasan Mbah Goemok (Mbah Toekinah/Mbah Dhukinah) di Petemon RW 10 Kelurahan Petemon, Surabaya, Minggu (4/6/2023). Saat itu, Wali Kota Eri hadir dengan didampingi Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Surabaya, Rini Indriyani Eri Cahyadi.

 

Sedekah bumi yang sudah digelar sejak kemarin itu diisi dengan sejumlah acara, mulai dari yasinan, tahlilan, hingga khataman, dan mulai pagi hingga siang ini digelar Sedekah Bumi. Hampir semua warga di kampung itu menyaksikan dan mengikuti sedekah bumi tersebut, apalagi kali ini didatangi langsung oleh Wali Kota Eri, mereka tambah antusias mengikuti acara tersebut.

 

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri Cahyadi mengapresiasi acara sedekah bumi yang digelar warga Kelurahan Petemun itu. Menurutnya, acara sedekah bumi ini menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan kebersamaan dan kegotongroyongan antar warga.

 

"Saya senang melihat guyub-rukune (guyup-rukunnya) warga melalui kegiatan sedekah bumi. Kemarin sudah ada beberapa acara yang digelar dan hari ini acara sedekah bumi," kata Wali Kota Eri Cahyadi dalam sambutannya.

 

Wali Kota Eri Cahyadi menilai bahwa sedekah bumi merupakan implementasi sebuah penghormatan untuk para pendahulu bangsa. Ia mengaku senang karena di Kota Surabaya ini masih ada warga yang terus melestarikannya.

 

"Sebuah bangsa dan warga yang baik itu yang bisa menghormati dan meneruskan jejak perjuangan pendahulunya," ujarnya.

 

Bahkan, ia juga memuji kegotongroyongan yang ditunjukkan oleh warga setempat. Bagi dia, warga di kampung ini adalah orang-orang hebat yang mencintai adat budaya para pendahulu bangsa.

 

"Njenengan (anda) adalah orang-orang hebat yang meneruskan budaya, yang menjadi kebanggan Arek-arek Suroboyo. Tolong dijaga, jangan sampai budaya ini berhenti. Karena inilah yang menunjukan budaya Arek Suroboyo," pesan dia.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Sedekah Bumi Ferry Dwi Setiawan mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Wali Kota Eri Cahyadi bersama Ketua TP PKK Surabaya yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir di acara tersebut. Bagi dia, ini adalah suatu kehormatan bagi kampungnya karena langsung dihadiri oleh orang nomor 1 di Kota Surabaya.

 

“Jujur ini baru petama sedekah bumi di kampung kami dihadiri Wali Kota Surabaya. Kami sangat senang dan bangga bisa dihadiri Pak Wali langsung, terimakasih banyak, terimakasih banyak,” kata Ferry.

 

Menurutnya, sedekah bumi ini sudah rutin digelar oleh kampungnya setiap tahun. Makanya, dengan dihadiri Wali Kota Eri, ia semakin termotivasi untuk terus menggelar acara serupa yang lebih meriah lagi ke depannya. “Jadi, kita merasa diperhatikan oleh Pak Wali, tentu ini menambah semangat dan motivasi kami sebagai panitia, sekali lagi terimakasih banyak Pak Wali,” pungkasnya. (*)

Berita Lainnya