Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

HUT ke-78 Bhayangkara, Surabaya Berkomitmen Ciptakan Lingkungan Aman dan Kondusif

Senin, 1 Juli 2024 | 1 hari yang lalu

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara digelar di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Senin (1/7/2024) pagi. Upacara yang berlangsung khidmat tersebut, dipimpin oleh Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Pasma Royce.

 

Para peserta upacara terdiri dari anggota kepolisian dan TNI, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya serta berbagai elemen masyarakat dan para tamu undangan. Adapun tema HUT ke-78 Bhayangkara adalah "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas".

 

Dalam kesempatan itu, Kombes Pol Pasma Royce membacakan amanat Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Imam Sugianto. Dalam amanatnya, ia menyampaikan bahwa Polri sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, memiliki peran strategis untuk mendukung percepatan ekonomi berkelanjutan.

 

"Kita harus mampu memberikan jaminan keamanan yang kondusif, sebagai iklim investasi dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam pengembangan infrastruktur. Serta memastikan keadilan dan inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat," kata Kombes Pol Pasma.

 

Karena itu, Kombes Pasma menegaskan bahwa Polri juga perlu membangun sinergi yang kuat bersama jajaran TNI, Pemkot Surabaya dan seluruh elemen masyarakat. Kolaborasi dan kerjasama yang baik, akan memperkuat kapasitas dalam menghadapi berbagai tantangan dan ancaman. "Serta mewujudkan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan guna mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045," sambungnya.

 

Kombes Pasma juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Pemkot Surabaya, TNI dan stakeholder terkait, atas dukungan yang diberikan selama ini kepada Polri. "Terima kasih setinggi tingginya atas hasil sinergi dan dukungan dari seluruh elemen tersebut, sehingga Polri bisa mencapai titik hingga saat ini," tuturnya.

 

Selain bertindak sebagai inspektur upacara, dalam kesempatan yang sama, Kombes Pasma juga menyematkan penghargaan tanda kehormatan "Bintang Bhayangkara Nararya" kepada 5 anggota Polri yang telah berjasa besar dalam kemajuan dan pengembangan kepolisian. Penghargaan ini diberikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No  40 / TK / Tahun 2023.

 

Ditemui usai upacara, Kombes Pasma berharap, di momen Hari Bhayangkara Tahun 2024, situasi Surabaya ke depan bisa terus aman, nyaman dan kondusif. Hal itu sebagaimana telah menjadi komitmennya sejak awal dalam memberantas gangguan Kamtibmas di Kota Pahlawan. "Itu selalu menjadi prioritas utama. Segala bentuk gangguan Kamtibmas di Kota Surabaya tetap menjadi komitmen saya dari awal," tegasnya.

 

Di waktu yang sama, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan bahwa upacara peringatan HUT ke-78 Bhayangkara di Taman Surya Balai Kota merupakan tahun kedua yang dilaksanakan. Baginya, hal ini menunjukkan bagaimana Polri begitu dekat dengan masyarakat. "Sehingga ada sinergi betul antara pemerintah kota dengan Polrestabes Surabaya dan Polres Tanjung Perak," kata Wali Kota Eri.

 

Maka dari itu, Wali Kota Eri berharap, ke depan jajaran Pemkot Surabaya bisa terus bersinergi dengan Kepolisian. Bagaimana pemerintah kota dan Polisi bisa terus memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh warga Surabaya.

 

"Karena kami terus berbenah, kami terus bersinergi dengan masyarakat untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan di Surabaya," tuturnya.

 

Untuk itu, Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ini tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota kepolisian yang telah menjaga keamanan dan kenyamanan Kota Pahlawan.

 

"Semoga dengan Hari Polri ini maka akan memberikan kepercayaan kepada masyarakat Surabaya dalam menjaga keamanan dan kenyamanan warga Surabaya," pungkasnya.

 

Upacara peringatan HUT ke-78 Bhayangkara di Balai Kota Surabaya kemudian diakhiri dengan syukuran serta doa bersama untuk keselamatan bangsa dan negara. Kegiatan itu berlangsung di Lobi Lantai 2 Balai Kota Surabaya. (*)

Berita Lainnya